[VIDEO] CUPLIKAN GOL Dortmund 3-2 Düsseldorf: BVB Perpanjang Napas

Di laga lain Bayern Munchen imbang lawan RB Leipzig, sehingga juara Bundesliga akan ditentukan pada pekan terakhir.

Sepakbola.com, Dortmund – Borussia Dortmund berhasil meraih kemenangan 3-2 saat menjamu Fortuna Düsseldorf dalam laga pekan ke-33 Bundesliga, Sabtu (11/5/2019) malam WIB. Kemenangan itu memperpanjang napas Die Borussen dalam perburuan gelar Bundesliga di musim ini.

Dortmund berhasil memangkas jarak dengan Bayern Munchen jadi dua poin, setelah Die Roten imbang tanpa gol dengan RB Leipzig. Dengan demikian penentuan gelar juara Bundesliga akan ditentukan pada pekan terakhir yaitu 18 Mei mendatang. Bayern Munchen (75 poin) menjamu Eintracht Frankfurt, sedangkan Dortmund (74 poin) bertamu ke markas Borussia Monchengladbach.

Jalannya pertandingan

Mengusung misi wajib menang membuat para pemain Borussia Dortmund agak tertekan di awal pertandingan. Banyak peluang yang mereka dapatkan termasuk lewat Christian Pulisic pada menit ke-13 terbuang sia-sia.

Di sisi lain, Fortuna Düsseldorf sudah tak punya kepentingan lagi di musim ini. Tim asuhan Friedhelm Funkel itu ada di posisi 10 klasemen, aman dari ancaman degradasi dan tidak ada peluang lagi untuk lolos ke kompetisi Eropa.

Setelah berulang kali mencoba, Dortmund akhirnya bisa unggul juga lewat gol dari Christian Pulisic pada menit ke-41. Gol itu cukup spesial bagi Pulisic karena ia melakukannya di laga kandang terakhirnya bersama BVB. Gol dari Pulisic tersebut menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama pada laga ini.

Gol Christian Pulisic

 

Dua menit babak kedua berjalan, konsentrasi para pemain belakang Dortmund buyar. Menerima umpan dari Markus Suttner, Oliver Fink sukses membobol gawang Dortmund lewat tandukan keras pada menit ke-47.

Gol Oliver Fink

 

Namun Dortmund merespon dengan baik, mereka langsung kembali unggul tak lama setelah kebobolan. Pada menit ke-53 pasukan Lucien Favre bisa kembali unggul lewat gol dari Thomas Delaney. Tembakan kaki kiri gelandang asal Denmark itu tak bisa dihentikan Michel Rensing.

Gol Thomas Delaney

 

Tak lama berselang, lini belakang Dortmund kembali berbuat hal ceroboh. Kali ini kesalahan koordinasi dari lini belakang Die Borussen membuat mereka harus rela menerima hukuman tendangan penalti pada menit ke-56.

Beruntung bagi Dortmund, Dodi Lukebakio yang maju sebagai algojo gagal memanfaatkan peluang emas tersebut. Sepakannya hanya menyamping dari gawang Dortmund.

Penalti gagal Dodi Lukebakio

 

Pada menit ke-82, Fortuna harus bermain dengan 10 pemain setelah Adam Bodzek mendapatkan kartu merah langsung akibat pelanggaran keras yang ia lakukan.

Kartu merah Adam Bodzek

 

Bermain melawan 10 pemain, membuat Dortmund kian leluasa. Beberapa saat jelang babak kedua berakhir, BVB sukses menambah satu gol lagi. Kali ini gliran Mario Gotze yang ituk mencatatkan diri dalam papan skor.

Namun, ketika kemenangan 3-1 Dortmund sudah di depan mata, lini belakang tim yang identik dengan warna kuning dan hitam itu kembali berulah. Kecerobohan mereka membuat Fortuna bisa mencurisatu gol lewat tendangan David Kowacki. Laga berakhir dengan skor 3-2 untuk Dortmund.

Video Cuplikan Gol Dortmund vs Düsseldorf

Susunan Pemain

Borussia Dortmund XI: Hitz, Pisczek, Weigl, Akanji, Guerreiro, Witsel, Delaney, Pulisic, Gotze, Brunn Larsen, Alcacaer.

Cadangan: Sancho, Balerdi, Dahoud, Philipp, Schmelzer, Toprak, Oelschlagel.

Fortuna Düsseldorf XI: Rensing, Zimmermann, Ayhan, Hoffmann, Griesselmann, Bodzek, Stoger, Kownacki, Fink, Suttner, Lukebakio.

Cadangan: Morales, Barkok, Raman, Karaman, Drobny, Hennings, Kaminski.

 

Penulis: Ahmad Hasibuan
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini