10 Fakta Dan Statistik Kemenangan Liverpool Di Final Liga Champions 2019

Gelar Liga Champions keenam Liverpool semakin mempertajam status mereka sebagai Raja Eropa dari Liga Inggris.

Sepakbola.com – Liverpool membungkam Tottenham Hotspur di laga Final Liga Champions 2019 yang dihelat di Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB.

Liverpool menang dengan skor 2-0 berkat lewat gol cepat Mohamed Salah dari titik penalti di awal babak pertama dan gol Divock Origi di akhir babak kedua. Ini menjadi sukses keenam Liverpool di kompetisi antar-klub paling bergengsi di Eropa yang dulu bernama European Cup alias Piala Eropa.

Banyak catatan menarik yang muncul dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool kali ini. Berikut ini fakta dan statistik Kemenangan Liverpool di Final Liga Champions 2019 berdasar Opta.

Fakta dan statistik Final Liga Champions 2019

6 – Liverpool telah memenangkan trofi Liga Champions/European Cup sebanyak enam kali. Sebelumnya The Reds menang pada musim 1976–77, 1977–78, 1980–81, 1983–84, 2004–05. Liverpool adalah Raja Eropa dari Inggris dengan jumlah gelar paling tidak dua kali lipat dari tim-tim Inggris lain. Tim Inggris dengan gelar terbanyak kedua setelah Liverpool adalah Manchester United dengan tiga gelar.

3 – Koleksi enam trofi menempatkan Liverpool di peringkat ketiga tim pemenang Liga Champions/European Cup. hanya ada dua tim yang memenangi trofi lebih banyak dari Liverpool yakni Real Madrid (13 trofi) dan AC Milan (7).

4 – Jurgen Klopp menjadi manajer keemat Liverpool yang berhasil menjuarai Liga Champions/European Cup. Tiga manajer sebelumnya yang membawa pulang trofi serupa ke Anfield adalah Bob Paisley, Joe Fagan dan Rafael Benitez.

5 – Mohamed Salah (Mesir) menjadi pemain Afrika kelima yang mencetak gol di pertandingan final Liga Champions/European Cup final. Pencetak gol dari Afrika sebelumnya adalah Rabah Madjer (Aljazair), Samuel Eto’o (Kamerun), Didier Drogba (Pantai Gading) dan Sadio Mane (Senegal).

01:48 – Gol pembuka Mohamed Salah dari titik penalti ke gawang Tottenham Hotspur menjadi gol tercepat kedua sepanjang sejarah Final Liga Champions. Gol Salah hanya kalah cepat dari gol Paolo Maldni (00:50) ke gawang Jerzy Dudek saat AC Milan bertemu Liverpool pada edisi 2005.

2 – Divock Origi menjadi pemain Belgia kedua yang mencetak gol di pertandingan Final Liga Champions/European Cup. Sebelumnya Yannick Carrasco mencetak gol di laga final antara Atletico vs Real Madrid pada 2016. Hebatnya ini adalah gol ketiga Origi di Liga Champions musim ini dari total tiga tembakan yang dilakukannya musim ini.

35,4% – Liverpool menjadi tim pertama yang memenangi Final Liga Champions dengan penguasaan bola yang lebih rendah dari lawan sejak Inter Milan besutan Jose Mourinho mengalahkan Bayern Munchen pada 2010, yang juga berlangsung di Madrid.

14 – Tottenham Hotspur benar-benar menekan Liverpool di babak kedua. Total 14 tembakan yang dihasilkan pasukan Mauricio Pochettino di interval kedua setara dengan total tembakan Liverpool dalam dua babak.

0 – Final Liga Champions menjadi penutup sempurna penampilan apik Virgil van Dijk sepanjang musim. Tak ada satupun pemain lawan yang bisa melewatinya dalam 64 pertandingan di semua kompetisi yang dilakoninya untuk Liverpool musim ini.

Komentari Artikel Ini