Freddy “Pele” Adu Di Usia Ke-30 Tahun

Hari ini, 2 Juni, 30 tahun lalu, Freddy Adu lahir di Tema, Ghana.

Sepakbola.com – Nama Freddy Adu sempat menghebohkan jagat dunia sepakbola ketika DC United memberinya kontrak profesional pada tahun 2004. Kala itu usia Adu masih 14 tahun.

Beberapa bulan kemudian tepatnya pada 17 April 2004, Adu mencetak rekor sebagai pemain paling muda yang mencetak gol di Major League Soccer (MLS). Kala itu usia Adu masih 14 tahun dan 320 hari.

Dengan popularitas yang sudah didapat di usia yang masih sangat muda, Adu langsung dikenal dunia. Bahkan pemain yang biasa bermain di posisi sayap atau striker itu sempat disandingkan dengan nama legenda asal Brasil, Pele.

Namun, jalan karier Adu sama sekali jauh dari ekspektasi. Di usianya yang mencapai 30 tahun pada tanggal 2 Juni 2019, Adu bahkan tengah berstatus tanpa klub. Las Vegas adalah klub terakhir yang diperkuat Adu. Ia memperkuat klub tersebut hingga akhir tahun 2018 yang lalu.

Di sepanjang kariernya, Adu sudah memperkuat 14 tim yang berbeda. Tim-tim yang diperkuat Adu pun berasal dari banyak negara mulai dari Amerika Serikat, Portugal, hingga Finlandia.

Freddy Adu sempat mendapatkan cukup banyak kesempatan bermain di tim nasional senior Amerika Serikat. Sejauh ini pria bertinggi badan 170 cm itu pernah 17 kali membela  United States men’s national soccer team (USMNT).

Daftar Klub yang pernah diperkuat Freddy Adu

1. IMG Bradenton
2. DC United
3. Salt Lake
4. Benfica
5. AS Monaco
6. Balenenses
7. Aris Saloniki
8 . Rizespor
9. Philadelphia
10. Bahia
11. Jagodina
12. KuPS
13. TB Rowdies
14. Las Vegas

Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini