3 Alasan Barcelona Tak Perlu Jual Couintho Musim Panas Ini

Sepakbola.com, Barcelona – Setelah gagal di Liga Champions dan Copa del Rey, Barcelona diprediksi akan sibuk di bursa transfer musim panas ini, banyak pemain yang akan keluar dan masuk.

Dua tahun terakhir Blaugrana gagal menjadi jawara Eropa. Bila musim 2017-18 mereka terkena comeback Roma, musim ini mereka terkena comeback Liverpool dan lebih menyakitkan. Ini menjadi dasar Barca kemungkinan besar merombak skuatnya dan salah satu pemain yang digembar-gemborkan akan dijual adalah Philippe Coutinho, pemain yang mereka beli dengan harga selangit dari Liverpool.

Namun, walau dia kesulitan di Barcelona, ada bagian yang masih bisa dipertahankan dari Coutinho dan akan sangat berguna bagi Catalan. Berikut alasan kenapa raksasa Catalan tak perlu menjual The Little Magician pertengahan tahun ini.

Tak banyak opsi yang lebih baik

Selama lima tahun di Liverpool, Coutinho tampil mempesona hingga menjadi salah satu pemain terbaik di Premier League lewat catatan 41 gol dan 35 assist dari 152 penampilan. Selain itu dia juga menjadi nominator PFA Player of the Year dan terpilih sebagai PFA Team of the year tahun 2015.

Catatan inilah yang membuat Barcelona tergiur dan rela mengeluarkan banyak uang untuk membawanya ke Camp Nou. Tapi rencana Barca dengan Coutinho kurang berjalan dengan baik.

Mungkin sejauh ini Coutinho memang belum berhasil, tapi dia masih berusia 26 tahun dan tetap salah satu pemain terbaik di posisinya. Tidak ada dorongan sebenarnya Barcelona untuk menjualnya walau Griezmann datang. Coutinho pemain yang serbaguna, dia bisa menjadi gelandang serang dan winger, di kanan atau di kiri serta tengah.

Masih bisa membaik

Coutinho baru bernaung di Catalunya selama 18 bulan, meski bagi para kritikus periode itu sudah lebih dari cukup baginya untuk memberikan dampak besar atau minimal tidak mengecewakan.

Banyak contoh sebelum-sebelumnya pemain kesulitan di musim pertamanya dan hampir pindah ke klub baru, tapi mereka pada akhirnya menjadi salah satu pemain terpenting. Salah satu contoh David De Gea di Manchester United.

Barcelona harus memberikan paling tidak kesempatan satu musim lagi untuk pemain timnas Brasil ini, karena Coutinho punya bakat yang seharusnya memang cocok untuk Barcelona.

Rugi besar kalau jual sekarang

Ketika Barcelona mengeluarkan uang 140 juta euro (sekitar Rp2,24 triliun) untuk membawa Coutinho dari Liverpool, mereka sangat yakin dia akan menjadi investasi jangka panjang yang baik, karena bisa menjadi penerus Andres Iniesta.

Harapannya, pemain asal Brasil ini akan bertahan dan menjadi bintang lini tengah mereka selama lima tahun ke depan. Ekspektasi itu belum terpenuhi dan dewan Barca kabarnya kehilangan kesabaran dengan Coutinho hingga bersedia mendengar tawaran dari PSG dan Manchester United.

Laporan terakhir mengatakan Barca siap melepas Coutinho jika ada tawaran 80 juta euro. Tetap saja, di angka tersebut Barcelona akan rugi besar karena hampir setengah harga belinya dari Liverpool. Rugi 60 juta euro dalam waktu 18 bulan tentu saja bisnis yang buruk.

Komentari Artikel Ini