3 Klub yang Berpotensi Jadi Rumah Baru Samuel Umtiti

Sepakbola.com – Setelah gagal di Liga Champions dan Copa del Rey, Barcelona diyakini akan melakukan perubahan signifikan untuk musim 2019-20. Salah satu nama yang berpotensi dilepas adalah Samuel Umtiti.

Bek tengah asal Prancis itu hanya tampil di 15 pertandingan musim 2018-19. Performanya tak begitu mengesankan bagi Ernesto Valverde yang lebih suka memainkan Lenglet dan Gerard Pique di jantung pertahanan. Masa depan Umtiti di Camp Nou cukup abu-abu, apalagi seandainya raksasa Catalan berhasil mendapatkan Matthijs de Ligt.

Jika itu terjadi, menit bermainnya kemungkinan besar semakin terpangkas dan itu bukan hal bagus untuk kariernya yang masih 25 tahun. Samuel Umtiti perlu menyelamatkan masa depannya, dan sejumlah klub berikut ini bisa menjadi “rumah” yang tepat baginya.

1. Manchester United

Manchester United sangat butuh bek hebat musim panas ini, tapi kegagalan lolos ke Liga Champions musim depan akan mengurangi minat pemain kelas dunia bernaung di Old Trafford.

Mau tak mau United harus mendapatkan bek yang tidak menjadi incaran klub-klub top lainnya. Umtiti bisa menjadi solusi tepat untuk menutupi kekurangan yang selama ini ditampilkan Chris Smalling, Eric Balilly, Marcus Rojo dan Phil Jones. Satu-satunya bek The Red Devils yang masih bisa diandalkan adalah Diogo Dalot.

United dikabarkan akan mendatangkan bek Leicester City Harry Maguire, dia akan menjadi teman duet yang sangat apik dengan Umtiti atau Dalot. Samuel Umtiti bisa bergantian dengan Dalot untuk menjaga kestabilan lini belakang Manchester United.

2. Arsenal

Arsenal juga tim yang butuh penyegaran di sektor bek. Pertahanan mereka benar-benar hancur, terlihat saat berhadapan dengan Chelsea di Final Liga Europa. Shkodran Mustafi dan Laurent Koscielny tak mampu lagi untuk menjadi benteng tangguh. Mustafi jauh dari ekspektasi, sedangkan Koscielnya sudah berusia 33 tahun dan rentan cedera.

Samuel Umtiti merupakan tipikal bek modern, kuat di passing dan sering membawa bola hingga ke tengah lapangan. Ini merupakan tipikal bek yang diharapkan Emery, bek yang santai ketika bola ada pada kakinya. Emery juga tak bisa berharap banyak untuk mendapatkan bek incaran klub top karena mereka tak lolos Liga Champions musim depan.

3. Juventus

Juventus adalah salah satu tim dengan pertahanan terbaik di Dunia, selalu menjadi rumah bagi bek kelas dunia. Bonucci dan Chiellini saat ini sudah berusia 30 tahun lebih, ditambah Andrea Barzagli yang gantung sepatu sehingga Juve diyakini akan mencari bek baru.

Umtiti yang baru berusia 25 tahun bisa menjadi kandidat ideal, dia muda agresif dan memiliki kemampuan teknis yang dibutuhkan bek modern. Bila Juve ingin melanjutkan dominasinya di sepak bola Italia dan berbuat banyak di Eropa, maka mereka harus punya bek muda yang ciamik. Juve adalah opsi yang sangat logis untuk Umtiti ketimbang di Barcelona tak mendapat waktu bermain yang cukup.

 

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini