4 Stadion Sepak Bola Unik Yang Pantas Jadi Destinasi Wisata

Sepakbola.com – Ada beberapa faktor yang membuat Stadion Sepak Bola begitu terkenal, seperti kemegahan, cerita tentang kejayaan klub penghuninya, hingga pernah menjadi tempat berlangsungnya pertandingan bersejarah.

Tapi kita tidak akan membahas Santiago Bernabeu, Estadio Azteca, La Bombonera, The Maracana atau Camp Nou. Beberapa Stadion Sepak Bola yang akan dibahas berikut ini, memiliki keistimewaan lain yang unik.

Svangaskard Stadium

Lokasi: Toftir, Faroe Islands
Kapasitas: 6,642 penonton

Meskipun Kepulauan Faroe tidak terlalu populer, Stadion Svangaskard pernah menjadi venue beberapa pertandingan internasional karena merupakan kandang tim nasional sebelum pindah ke Tórsvøllur di kota Tórshavn.

Gospin Dolac Stadium

Lokasi: Imotski, Croatia
Kapasitas: 4,000

Stadion Gospin dibangun pada tahun 1989 sebagai kandang bagi NK Imotski, klub Druga NHL kasta kedua liga Kroasia. Stadion ini benar-benar unik karena lokasinya yang berada di perbatasan Kroasia dan Bosnia dan dikelilingi tebing curam.

Ottmar Hitzfeld Stadium

Lokasi: Gspon, Switzerland
Kapasitas: Tidak diketahui

Terletak di desa kecil Swiss, Ottmar Hitzfeld Stadium adalah lapangan sepak bola tertinggi di seluruh Eropa, yaitu 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kandang FC Gspon ini berada di lereng gunung dekat resor Zermatt yang cukup terkenal sebagai destinasi wisata. Pemain dan suporter hingga wisatawan, perlu menggunakan kereta gantung untuk mencapai stadion ini.

Lapangan di Ottmar Hitzfeld Stadium menggunakan rumput buatan karena rumput alami tidak tumbuh di ketinggian ini. Stadion ini pernah tidak bisa digunakan untuk pertandingan resmi, ketika masih ada peraturan FIFA yang melarang pertandingan pada ketinggian lebih dari 2.750 mdpl.

The Float at Marina Bay

Lokasi: Marina Bay, Singapore
Kapasitas: 30,000 penonton

Tidak ada klub resmi yang menggunakan lapangan di perairan Marina Reservoir, Marina Bay, Singapura ini. The Float at Marina Bay dibuat sebagai lokasi sementara untuk menggantikan Singapore National Stadium ketika sedang direnovasi.

Para insinyur menancapkan enam tiang kokoh di dasar laut sebagai fondasi struktur lapangan, sehingga tidak terguncang meski ada gelombang dan arus. Pertandingan sepak bola pertama yang dimainkan di sini adalah liga amatir antara Tuan Gemuk Athletic lawan VNNTU FC.

Komentari Artikel Ini