5 Pemain Arsenal Yang Perlu Dijual Musim Panas Ini

Sepakbola.com, Madrid – Arsenal baru saja melewati musim yang mengecewakan. Setelah menyelesaikan Premier League di luar zona Liga Champions, The Gunners kalah telak di final Liga Europa oleh Chelsea.

Dibantai 4-1 oleh The Blues sekaligus menghentikan rekor tiga kemenangan beruntun Unai Emery di Liga Europa. Manajer asal Spanyol itu bekerja dengan sebagian besar pemain yang dibeli Arsene Wenger. Beberapa cara bermain sudah ia coba, namun hasilnya kurang memuaskan.

Emery butuh penyegaran di skuatnya jika ingin bersaing di papan atas Liga Inggris musim depan. Sejumlah nama berpotensi dilepas, dan menggantinya dengan wajah baru yang lebih sesuai dengan taktik Emery. Berikut lima pemain Arsenal yang perlu diganti di bursa transfer musim panas ini.

1. Mesut Ozil

pemain arsenal dengan performa paling mengecewakan

Mesut Ozil kesulitan beradaptasi dengan gaya cepat permainan Emery. Di final Liga Europa lawan Chelsea, Ozil tenggelam dan gagal mengembangkan permainan Arsenal. Mantan pemain timnas Jerman ini terkadang bisa mengatasi permainan cepat dan tekanan tinggi tapi inkonsistensi masih jadi kendala utamanya.

Emery butuh pemain yang konsisten di lini tengah dengan kualitas yang bisa bermain cepat, akurat dan bisa mengontrol lini tengah. Ozil pemain yang berkualitas, tetapi untuk bertahan kita tidak bisa mengharapkan apa-apa dari pemain yang satu ini.

2. Shkodran Mustafi

Awalnya Shkodran Mustafi diharapkan bisa menjadi penerus Laurent Koscielny yang sudah termakan usia. Tapi hingga di musim ketiga performanya tak kunjung meningkat dan malah semakin buruk.

Suporter berharap The Gunners bisa melepas Mustafi musim panas ini dan mendatangkan pemain baru. Tapi melepasnya saat ini akan membuat Arsenal merugi dan mereka butuh dana besar untuk mendatangkan pemain yang lebih baik darinya. Kenapa? Karena harga bek tengah berkualitas terus mengalami peningkatan. Emery butuh tipikal bek yang mampu memainkan bola dan mengawali serangan, tipikal Virgil Van Dijk.

3. Sead Kolasinac

Sead Kolasinac Arsenal

Walaupun awal kariernya tampak cerah bersama Arsenal, Kolasinac masih belum berkembang seperti yang diharapkan. Bek kiri yang satu ini sebenarnya cukup serbaguna tapi sering dibandingkan dengan bek-bek sayap berkualitas di Premier League lainnya.

Jika ada yang tertarik kepadanya, Arsenal harus mempertimbangkan melepasnya untuk memberikan slot ke wajah baru yang lebih cocok dengan gaya permainan Emery.

4. Nacho Monreal

Karier Monreal tampaknya akan berakhir di Arsenal musim panas ini usai kemampuannya memudar. Pemain Spanyol itu menjadi nama yang loyal untuk Arsenal, dia rela menjadi back-up selama bertahun-tahun. Namun, sekarang tampaknya Emery tidak punya waktu lagi untuk memberinya kesempatan walau musim 2018-2019 dia masih diberi banyak kesempatan saat Emery memainkan formasi tiga bek.

Posisi alaminya adalah bek kiri dan di sana juga dia jauh dari ideal. Arsenal perlu bek yang benar-benar kuat dalam bertahan untuk formasi tiga bek Emery.

5. Laurent Koscielny

Salah satu bek terbaik Premier League beberapa tahun terakhir dan dia salah satu pemain yang sangat loyal kepada Arsenal. Tapi usianya akan 34 tahun musim depan dan masalah cederanya tak kunjung selesai. Permainan Koscielny di level top mungkin tidak akan lama lagi.

Tim Meriam London memang masih punya benefit mempertahankannya karena punya jiwa kepemimpinan. Ini tentu berguna untuk bek Arsenal berikutnya, tapi secara teknis Koscielny memang tak mampu mengikuti perkembangan ide Emery. Menjualnya saat ini akan menguntungkan secara finansial ketimbang musim depan, saat usianya semakin tua.

 

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini