7 Bukti Bali United Jadi Klub Paling Profesional di Indonesia

Sepakbola.com, Bali – Bali United memang baru berusia empat tahun namun membuat banyak gebrakan untuk menjadi klub sepak bola profesional. Mereka menjelma menjadi klub Indonesia yang melihat peluang bisnis dan hiburan dari sepak bola modern saat ini.

Bali United benar-benar mengerti bagaimana cara hidup di era sepak bola industri. Selain mendapatkan pemasukan dari sponsor dan tiket pertandingan saat laga kandang. Klub yang dilatih Stefano Cugurra juga memaksimalkan pemasukan dari para suporternya dengan cara menjual merchandise resmi kesebelasan.

Tidak hanya itu sejumlah fasilitas mereka bangun dan menjadi salah satu klub Indonesia yang hampir punya segalanya. Apa saja yang dimiliki Bali United?

1. Lepas Saham ke Publik

Bali United menjadi klub pertama dan satu-satunya di Indonesia yang sudah melepas sahamnya ke Bursa Saham. Dengan ini, suporter bisa menjadi bagian klub dengan membeli saham Bali United, harga saham BU sendiri antara Rp 155 – Rp 175 per lembar saham.

2. Infrastruktur yang terkelola baik

Salah satu keunggulan mereka adalah memiliki infrastruktur dengan baik. Mereka selalu menjaga kualitas stadion dan lapangan. Para pemain juga diberikan mess dan penginapan yang sangat layak

3. Memiliki Official Store mewah

Seperti halnya klub di Eropa yang memiliki official store yang menjual barang-barang original dari kesebelasan, di mana hasil penjualannya akan masuk ke dalam pendapatan tim, Bali United juga mempunyai itu. Bali United Store, itulah yang menjadi andalan Tim Serdadu Tridatu untuk mendapatkan pemasukan lebih banyak.

Bali United Store menyediakan merchandise resmi dari kesebelasan seperti T-shirt, jersey original, sampai jaket kesebelasan yang juga original tentunya. Dengan demikian suporter bisa dengan mudah membeli merchandise original kesebelasan, dan bukan KW seperti yang biasa dibeli suporter Indonesia lainnya.

4. Memiliki Cafe di Stadion

Fasilitas penunjang lainnya adalah Bali United Cafe. Ini menambah daya tarik penonton untuk datang ke Stadion karena ada paket yang menawarkan nonton dengan gaya tersendiri di cafe ini. Apalagi harga makanannya terjangkau dan tidak terlalu mahal bagi suporter.

5. Memiliki Tim eSport

Tim Serdadu Tridatu sekarang adalah klub sepak bola pertama yang memiliki tim eSport, yaitu IOG eSports dengan 4 divisi, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire dan FIFA. Mereka juga menghadirkan Bali United eSports Championship 2019 dengan total hadiah 200 juta rupiah, akomodasi full ke Bali dan masih banyak hadiah menarik lainnya.

6. Memiliki akademi yang bagus

Meskipun masih berusia muda, mereka juga memiliki akademi yang terkelola dengan baik di Bali, Lombok dan Kupang. Musim lalu Bali United Junior sudah berprestasi di Liga 1 U-16.

7. Program Stadium Tour

Klub yang berbasis di Gianyar ini juga memiliki program Stadium Tour bagi para penggemar seperti klub-klub di Eropa. Dengan slogan “Beyond Football”, mereka ingin memberikan contoh bagaimana mengelola klub sepak bola Indonesia dengan baik

Komentari Artikel Ini