Indra Sjafri Pelatih Timnas Indonesia Tersukses Dalam 10 Tahun Terakhir

Sepakbola.com, Jakarta – Pelatih Tim nasional Indonesia U-22, Indra Sjafri menjadi penyelamat muka PSSI dalam berprestasi di kancah sepak bola internasional. Setidaknya ada dua gelar yang ia berikan untuk skuat timnas di level junior.

Terbaru ia sukses merengkuh mahkota juara Piala AFF U-22 2019 usai menekuk Thailand dengan skor 2-1 di partai final pada Februari silam. Padahal di awal kompetisi ia diragukan karena persiapan yang mepet dan tidak membawa sejumlah pemain hebat.

Trofi Piala AFF U-22 adalah gelar internasional kedua Indra Sjafri untuk Timnas Indonesia. Sebelumnya, pelatih asal Sumatera Barat ini pernah membawa Timnas U-19 juara Piala AFF pada tahun 2013 lalu.

Dua gelar yang diraihnya itu menjadi pelepas dahaga di tengah kesulitan timnas senior berprestasi di kancah internasional. Bahkan di level Asia Tenggara mereka mentok di posisi runner-up.

Menariknya, gelar Indra diraih saat PSSI dalam menghadapi masalah internal. Pada 2013 lalu PSSI sedang mengalami dualisme antara PSSI dan KPSI. Saat ini PSSI sedang mendapatkan masalah isu pengaturan skor.

Sebenarnya selain Indra masih ada satu lagi yang memberikan prestasi untuk timnas, yaitu Fachri Husaini. Tahun lalu dia berhasil membawa timnas U-16 meraih gelar Piala AFF dan satu kompetisi dari Vietnam.

Kini Indra Sjafri diharapkan bisa mempersembahkan medali emas di ajang SEA Games yang berlangsung di Filipina pada akhir tahun ini.

Komentari Artikel Ini