Pemain U-23 Dengan Nilai Transfer Termahal Dunia

Sejauh ini di tahun 2019, tercatat ada tiga transfer yang cukup mahal untuk pemain muda. Mereka adalah Pulisic, Frenkie De Jong dan Lucas Hernandez.

Sepakbola.com – Klub sepakbola top Eropa belakangan ini gemar mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan pemain muda potensial. Berikut adalah lima transfer termahal dunia untuk pemain di bawah usia 23.

Sejauh ini di tahun 2019, tercatat ada tiga transfer yang cukup mahal untuk pemain muda. Christian Pulisic meninggalkan Borussia Dortmund untuk mencoba peruntungan di Chelsea. Harga Pulisic ditaksir mencapai 64 juta euro.

Kemudian superstar muda Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong, menerima pinangan Barcelona dengan mahar 75 juta euro. Terakhir, Bayern Munchen harus merogoh kocek hingga 80 juta euro untuk mengeluarkan Lucas Hernandez dari Atletico Madrid.

Namun dari tiga nama yang telah disebutkan, hanya Hernandez yang masuk jajaran lima pemain u-23 dengan nilai transfer termahal dunia.

Kepa Arrizabalaga (Atletico Madrid ke Chelsea – 80 juta euro)

Kepa Arrizabalaga – Chelsea

Kepa Arrizabalaga resmi menjadi bagian Chelsea pada 8 Oktober 2018, atau saat ia berumur 23 tahun 309 hari. Tim London Biru mengaktifkan klausul rilis Kepa senilai 80 juta euro dari Athletic Bilbao.

Harga tersebut menjadikan Kepa sebagai penjaga gawang termahal dunia, memecahkan rekor dunia yang hanya bertahan satu minggu saat Liverpool mendatangkan Alisson Becker dari AS Roma.

Lucas Hernandez (Atletico Madrid ke Bayern Munchen – 80 juta euro)

Bek Andalan Atletico Madrid Lucas Hernandez Atletico Madrid
Lucas Hernandez

Kesepakatan antara Bayern Munchen dan Atletico Madrid untuk Lucas Hernandez ternyata sudah terjadi sebelum jendela transfer musim panas tahun 2019 dibuka. Tepatnya pada 27 maret 2019, Bayern Munchen mengumumkan Lucas akan gabung bersama klub pada 1 Juli 2019. Perekrutan ini membuat Bayern harus memecahkan rekor transfer termahal sepanjang sejarah klub.

Pemain kelahiran 14 Februari 1996 ini merupakan produk akademi Atletico Madrid. Lucas memulai debut senior pada 3 Desember 2014, tampil 90 menit saat Atletico menang 3-0 atas CE L’Hospitalet di ajang Copa del Rey.

Paul Pogba (Juventus ke Manchester United – 105 juta euro)

Paul Pogba.

Pogba kembali ke Manchester United pada 8 Agustus 2016, sekitar lima bulan setelah ulang tahunnya yang ke-23. United sampai harus membayar 105 juta euro ditambah 5 juta euro untuk memulangkan Pogba dari Juventus. Harga tersebut memecahkan rekor transfer dunia yang sebelumnya dipegang Gareth Bale, ketika Real Madrid memboyongnya dari Tottenham Hotspur pada 2013.

Ousmane Dembele (Borussia Dortmund ke Barcelona – 105 juta euro)

Ousmane Dembele

Barcelona mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Borussia Dortmund untuk merekrut Dembele dengan harga 105 juta euro, ditambah bonus lain yang dilaporkan senilai 40 juta pound. Pemain internasional Prancis yang saat ini masih berusia 22 itu berdiri sejajar dengan kompatriotnya, Paul Pogba, sebagai pemain termahal kedua dunia pada 2017 lalu. Untuk saat ini, pemain termahal dunia masih dipegang Neymar dengan nilai transfer 222 juta euro.

Kylian Mbappe (Monaco ke Paris Saint-Germain – 135 juta euro)

Kylian Mbappe.

Inilah dia pemain u-23 termahal dunia. PSG resmi mempermanenkan status Mbappe dari monaco dengan harga 135 juta euro, ditambah bonus 45 juta euro.

Masih berusia 20 tahun, pemain kelahiran Paris ini telah mendapatkan berbagai macam gelar bergengsi di antaranya trofi Piala Dunia 2018 bersama timnas Prancis, juara Eropa 2016 bersama Prancis U-19, serta memiliki tiga titel Ligue 1 yang salah satunya ia raih saat memperkuat AS Monaco.

Bintang muda PSG ini juga sukses menyabet penghargaan Pemain Terbaik Ligue 2018-19, serta menjadi top skor Ligue 1 2018-19 dengan catatan 33 gol dalam 29 penampilan.

(Berbagai Sumber)

Komentari Artikel Ini