Selain Griezmann, Ini 4 Pemain yang Harusnya Jadi Target Barcelona Musim Panas Ini

Sepakbola.com, Barcelona – 2018-2019 bisa dibilang musim yang mengecewakan bagi Barcelona. Mereka memang memenangkan LaLiga, tetapi kalah memalukan dari Liverpool di Liga Champions dan kalah di final Copa del Rey.

Blaugrana dibantai Liverpool 4-0 pada leg kedua di Anfield setelah kemenangan 3-0 di kandang, ini kekalahan paling bersejarah mereka di Liga Champions. Sementara di final Copa del Rey mereka takluk 2-1 dari Valencia. Alhasil Barca gagal mewujudkan target treble yang diusung sejak awal musim.

Menjelang musim 2019-20, Raksasa Catalan jelas perlu memperkuat skuatnya, mencari tahu apa yang salah dengan tim mereka. Pemain baru akan datang ke Camp Nou untuk melengkapi puzzle yang belum terselesaikan.

Berikut pemain yang harusnya menjadi target Barca musim panas ini:

Matthijs de Ligt

Pemain 19 tahun Ajax ini adalah bek muda yang paling menggairahkan di Eropa saat ini. Debut pada usia 17 tahun, de Ligt menjadi bagian tak terpisahankan Ajax, bahkan sudah menjadi kapten dan membawa timnya sampai ke semifinal Liga Champions. Muda, tangguh dan berjiwa kepemimpinan membuatnya menjadi bek tengah yang komplit.

Di usianya yang masih 19 tahun dia sudah menunjukkan kedewasaan di lapangan. Bukan hanya itu, dia juga mencetak gol di Liga Champions melawan Standard Liege, Juventus dan Tottenham. Apa artinya itu? Panggung besar dan lawan yang hebat tidak menggoyahkan pemain yang satu ini, patutlah dia menjadi rebutan.

De Ligt juga punya atribut yang luar biasa, memiliki kemampuan passing yang mumpuni sehingga membuatnya memenuhi standar bek modern saat ini yang harus nyaman ketika bola di kakinya dan cocok dengan gaya main Barcelona.

Richarlison

Ada kemungkinan Philippe Coutinho akan dilepas Barcelona musim panas ini karena penampilannya yang tidak konsisten. Tidak diketahui apa yang membuat performa Coutinho menurun drastis. Kemudian Ousmane Dembele juga tak bisa menawarkan kebugaran yang cukup untuk Barca, musim ini dia hanya bermain 29 kali di La Liga dan delapan pertandingan di Liga Champions. Peran yang ditinggalkan Neymar masih belum terisi.

Richarlison datang ke Everton dari Watford dengan nilai transfer 40 juta poundstering pada musim panas tahun lalu dan harga tersebut dibayar dengan 13 gol dan satu assist. Richarlison menjadi pemain muda yang mencuri perhatian, dia juga bisa main di beberapa posisi seperti winger, striker tengah atau gelandang serang. Ini akan sangat membantu Ernesto Valverde dalam memberikan opsi berbeda untuk timnya. Kalaupun Barca mendatangkan Griezmann, dia masih menjadi tambahan yang sangat berguna terlebih usianya yang masih muda.

Milan Skriniar

Satu lagi bek tengah menjanjikan di Eropa saat ini. Milan Skriniar mencuri perhatian karena performanya yang mantap untuk Inter Milan musim ini. Tingginya 1,87 cm, dia kuat di udara dan punya kemampuan positioning yang baik. Bek 23 tahun ini juga bagus di passing. Kemampuan mengolah bola membuatnya jadi salah satu bek terbaik di Eropa saat ini.

Dalam bertahan dia tenang dan konsisten, tidak terburu-buru melakukan tackle dan mampu menjaga fokus saat tekanan tinggi. Dia juga sering membawa bola ke tengah lapangan untuk membantu mengawali serangan dan kembali dengan cepat ketika dibutuhkan. Musim ini rata-rata dia melakukan tackle suksesnya 2,5 per pertandingan. Gayanya cocok untuk Barca.

Adrien Rabiot

Ketertarikan Barcelona kepada gelandang ini bukan rahasia lagi, Blaugrana sudah pernah mencoba merekrutnya tapi PSG berkeras menolak. Rabiot belum menyepakati perpanjangan kontraknya yang habis pada 1 Juli 2019. Dia akan menjadi opsi murah untuk Barca yang cukup kesulitan di lini tengah saat ini, setelah adanya tanda-tanda menurunya performa Sergio Busquet. Barca memang mendatangkan Arturo Vidal, tetapi ini tak cukup untuk menambal itu.

Ketertarikan Barca membuatnya dibekukan pada paruh kedua musim 2018-2019 karena pemain ini ngotot ingin pindah ke Camp Nou. Barca juga harus memperhitungkan ini, Rabiot menunjukkan keinginan yang besar untuk pindah ke Catalan.

Perannya sangat mirip dengan Busquet, dia menawarkan keseimbangan tim saat bertahan dan menyerang dari lini tengah. Selama 2018-2019 Rabiot punya rata-rata tackle sukses 2,5 per pertandingan, 1 dribble dan memiliki akurasi passing 93,1 persen. Dia akan menjadi penambal yang pas untuk Busquet atau Ivan Rakitic.

 

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini