5 Calon Kuat Juara Liga 1 2019

Sepakbola.com, Yogyakarta – Gelaran Liga 1 2019 sudah berjalan tiga pekan. Meski tetap ada beragam kontroversi yang menyertainya, kompetisi tertinggi sepakbola tanah air ini tetap saja dinantikan oleh pecinta sepakbola.

Salah satu bahasan menarik yang kerap dibicarakan di awal musim adalah menerka-nerka siapa yang nanti bisa menjadi jawara di akhir musim. Meski katanya juara liga Indoensia “sudah ada yang mengatur” tapi jujur kami sama sekali tak tahu menahu soal itu. Atau mungkin ada dari pembaca sekalian yang sudah tahu.

Mari kita lupakan sejenak soal atur-mengatur atau apalah itu namanya. Kami di sini memiliki perkiraan lima tim yang secara kualitas sangat berpeluang menjadi juara di Liga 1 2019.

5. Persija Jakarta

Macan Kemayoran menyandang status sebagai juara bertahan di Liga 1 musim ini. Meski baru saja ditinggal sang pelatih yang mengantarkan mereka juara di musim lalu, Stefano Teco Cugurra, Persija tak bisa begitu saja dihapus dari daftar calon juara.

Skuat Persija bisa dikatakan tak berbeda jauh dari musim lalu. Dua pemain asing andalan, Marko Simic dan Rohit Chand tetap bertahan di skuat musim ini. Dengan punya sosok pelatih berpengalaman seperti Ivan Kolev, Macan Kemayoran punya kans yang cukup bagus.

4. Persib Bandung

View this post on Instagram

GO PERSIB GO! 🔵💪 #PERSIB #LaunchingPERSIB

A post shared by PERSIB (@persib_official) on

Persib melakukan perombakan yang cukup besar di musim ini. Praktis hanya Ezechiel N’Douassel dan Bojan Malisic pemain asing Maung Bandung di musim ini yang juga bermain di tim yang sama pada musim lalu.

Persib sebenarnya punya peluang yang bagus untuk menjadi jawara di musim lalu. Namun, karena adanya hukuman dari komdis PSSI, permainan Maung Bandung terganggu. Selain itu satu sosok lain yang tak bisa dilupakan adalah Robert Alberts.

Pelatih asal Bealnda itu punya segudang pengalaman menukangi klub top di Indonesia. Dengan adanya Alberts dan banyak pemain berkualitas yang dimiliki Persib, mereka layak dijagokan menjadi salah satu calon juara di Liga 1 musim ini.

3. Bali United

Bali gagal total di musim lalu. Mengusung target juara di awal musim mereka pada akhirnya hanya terpaku di papan tengah klasemen akhir.

Hal itu membuat manajemen BU bergerak cepat. Mereka menggondol Teco dari Persija dan berhasil menggaet beberapa pemain asing berkualitas seperti Paulo Sergio dan William Pacheco.

Selain itu, kerangka skuat Bali United tak berubah sejak dua musim silam. Dengan tangan dingin yang dimiliki Teco, penghuni Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar itu harus diperhitungkan untuk menjadi jawara di musim ini.

2. PSM Makassar

View this post on Instagram

. GOL ➡️ RAYAKAN❤. . . . #PSMarise #EwakoPSM

A post shared by PSM Makassar (@psm_makassar) on

Tim spesialis nyaris juara patut disematkan kepada PSM Makassar, paling tidak jika kita melihat kiprah mereka pada dua musim terakhir. Pada dua musim itu Juku Eja memang selalu nyaris menjadi juara.

Di musim ini mereka punya nakhoda baru dalam diri Darije Kalezić. Sejauh ini pelatih berpaspor Swiss itu mampu membuat permainan Juku Eja stabil baik di ajang domestik maupun di Piala AFC.

Dengan dukungan yang sangat bagus dari manajemen ditunjang para pemain yang berkualitas, PSM Makassar mungkin saja akan mengakhiri puasa gelar di Liga Indonesia yang sudah berlangsung nyaris dua dekade.

1. Madura United

Tim asal Jawa Timur ini benar-benar gila. Mereka layaknya Los Galacticos ala Indonesia. Bagaimana tidak, manajemen Laskar Sape Kerrab berhasil mengumpulkan para pemain level nasional seperti Andik Vermansah, Zulfiandi, Beto Goncalves, Fakhrudin Wahyudi, Greg Nwokolo hingga Mohammad Ridho di musim ini.

Tak hanya itu para pemain asing dengan kualitas mumpuni seperti Jamie Xavier, Aleksandar Rakic dan Zah Rahan juga ada di skuat Madura. Tak lupa Madura United juga punya sosok pelatih jempolan seperti Dejan Antonic.

Di tiga laga pekan awal, Madura selalu berhasil meraih kemenangan. Dua dari tiga laga itu berlangsung di luar kandang Madura. Jika mereka tak bisa menjadi juara di Liga 1 musim ini, akan jadi sebuah keanehan.

Calon juara lain: Borneo FC, Barito Putera, Arema FC, Persebaya Surabaya.

Komentari Artikel Ini