5 Kiper Paling Bernilai Di Dunia Saat Ini

Sepakbola.com – Kiper adalah sosok yang sangat penting dalam terciptanya benteng pertahanan tangguh di suatu tim. Berikut kita akan melihat lima kiper paling bernilai transfer tinggi saat ini, menurut kalkulasi Transfermarkt.

Liverpool dan Manchester City bersaing di puncak klasemen Liga Inggris musim 2018-19 hingga ke pekan terakhir. Kedua tim tersebut tampak sangat mendominasi di sepanjang musim, dan keduanya memiliki satu kesamaan, yaitu pertahanan yang sangat baik. Kiper menjadi sosok yang paling penting dalam solidnya pertahanan.

Alisson Becker – 65 juta euro

Mengingat sangat mudahnya Alisson Becker beradaptasi dengan permainan di Liga Inggris, mudah untuk melupakan bahwa pemain asal Brasil itu baru bergabung dengan The Reds musim panas lalu.

Pemain berusia 26 tahun itu adalah salah satu penjaga gawang terbaik di Eropa, terutama karena antisipasinya yang sangat baik terhadap ancaman serangan lawan, kemampuan untuk menyesuaikan posisinya sesuai dengan pergerakan bola dan menyusun serangan dari belakang. Di bawah bimbingan Jurgen Klopp, Alisson benar-benar menemukan tim yang cocok dengan gaya bermainnya.

Thibaut Courtois – 65 juta euro

thibaut courtois real madrid

Courtois adalah pemain yang dianugerahi penghargaan kiper terbaik tidak hanya di satu, namun dua liga besar Eropa. Ia mengantongi Trofi Ricardo Zamora di La Liga pada 2013 dan 2014, dan juga mengklaim Golden Glove Liga Inggris pada 2017, saat Chelsea berhasil memenangkan liga.

Dia dikenal karena kelincahan dan refleksnya yang cepat. Ia mampu memimpin pertahanan tim dengan baik dan sosoknya yang tinggi memungkinkan Courtois untuk mendominasi di udara dan mengklaim umpan silang berbahaya yang masuk ke dalam kotak penalti.

David de Gea – 70 juta euro

Catatan Pekan 38 Liga Inggris 2018-2019

De Gea menarik perhatian beberapa klub terbesar dunia saat bermain bersama Atletico Madrid. Dan performa bagusnya membuat United mengeluarkan dana sebesar 25 juta euro pada 2011, jumlah yang sangat besar untuk kiper yang saat itu baru berusia 21 tahun.

Tapi, dalam delapan tahun masa bermainnya bersama klub, kesepakatan itu tampak sangat murah. Di Manchester United, De Gea memberikan beberapa penyelamatan terbaik yang menyelamatkan poin-poin berharga bagi klubnya.

Sudah pasti ia masih merupakan salah satu penjaga gawang terbaik di dunia, meski Manchester United tak meraih prestasi bagu musim ini. Jika De Gea dibeli oleh klub lain dalam waktu dekat, ia tidak akan berharga murah.

Marc-Andre ter Stegen – 80 juta euro

Marc-Andre ter Stegen, yang merupakan salah satu kiper terbaik di dunia, bergabung ke Barcelona dengan harga yang sangat murah, yaitu 12 juta euro pada tahun 2014. Sejak itu, ia menampilkan performa yang bernilai setidaknya sepuluh kali lipat dari biaya transfernya.

Pemain akademi Borussia Mönchengladbach ini memiliki kemampuan untuk menyelamatkan gawang dalam situasi apapun, mengontrol bola dengan baik dan tetap tenang bahkan ketika timnya diserang oleh lawan yang kuat.

Jan Oblak – 80 juta euro

Pemain berusia 26 tahun ini adalah salah satu dari sisa-sisa terakhir kiper dengan gaya tradisional, di era sepak bola seperti sekarang. Dia adalah ahli menangani bola dengan tangannya, dia ahli dalam memotong umpan silang dan sering menunggu sampai detik terakhir sebelum menjatuhkan dirinya di kaki lawan.

Oblak berhasil mencatatkan clean sheet yang ke-100 untuk klubnya hanya dalam 178 pertandingan, sebuah prestasi luar biasa mengingat kualitas lawan yang secara konsisten ia hadapi di Spanyol dan di kompetisi Eropa.

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Setyo Bagus

Komentari Artikel Ini