Mengenal Tiga Tim Promosi Premier League 2019-20

Aston Villa menjadi tim terakhir yang berhasil mengamankan tiket promosi musim ini.

Sepakbola.com, Yogyakarta – Aston Villa berhasil mengalahkan Derby County dengan skor tipis 2-1 pada laga play-off promosi ke Premier League pada Senin (27/5/2019) lalu. Hasil itu membuat The Villans menjadi tim ketiga yang memastikan diri naik ke Premier League musim depan.

Sebelumnya, dua klub sudah terlebih dahulu memastikan hal itu. Dua klub yang dimaksud adalah Norwich City dan Sheffield United yang berhasil menjadi jawara dan runner-up di Divisi Championship musim 2018-19.

Namun, sebelum menyaksikan kiprah tiga klub tersebut di Premier League musm depan, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan mereka. Melihat sejarah mereka dan kiprah mereka sebelumnya di kasta tertinggi sepakbola Inggris.

Norwich City

norwich city segel tiket promosi

Norwich tampil cukup dominan di Divisi Championship musim 2018-19. Di sepanjang musim tim yang identik dengan warna kuning dan hijau itu hanya kalah enam kali dari 46 pertandingan.

Mereka saat ini ditukangi oleh pelatih muda berbakat asal Jerman, Daniel Farke. Aroma Jerman kian terasa di klub ini setelah melihat nama-nama seperti Moritz Leitner, Felix Passlack di Norwich.

Sementara itu terakhir kali Norwich City berlaga di Premier League adalah pada musim 2015-16 yang lalu. Belum lama memang, namun jika melakukan persiapan yang biasa-biasa saja, bisa jadi mereka turun kasta lagi di akhir musim depan.

Sheffield United

Tim berjuluk The Blades ini adalah tim yang punya sejarah panjang di sepakbola Inggris. Mereka sempat menjadi tim yang sangat disegani terutama di dekade akhir 1980-an dimana Sheffield sempat memenangkan gelar Liga Inggris dan Piala FA.

Setelah sempat terkatung-katung di League One, Sheffield berhasil mengunci satu tempat untuk promosi ke Premier League musim depan. Mereka mengumpulkan 89 poin dari 46 pertandingan di sepanjang musim 2018-19.

Salah satu pemain yang berperan dalam keberhasilan Sheffield promosi adalah Billy Sharp. Meski sudah berusia 33 tahun, Sharp mampu mencetak 24 gol untuk Sheffield di musim ini.

Aston Villa

Tim asuhan Dean Aston sebenarnya tidak terlalu diunggulkan untuk meraih tiket promosi ke Premier League. Paling tidak jika Aston Villa dibandingkan dengan Leeds United atau West Brom.

Namun, The Villans berhasil menunjukkan mental yang luar biasa terutama saat sudah di babak play-off. Di semifinal play-off Jack Grealish dan kawan-kawan suskes menyingkirkan West Brom lewat babak adu penalti, dan akhirnya menang atas Derby di babak final.

Sama seperti Norwich, musim depan akan jadi penampilan perdana Astom Villa di Premier League sejak mereka terdegradasi pada musim panas tahun 2016 yang lalu.

Komentari Artikel Ini