[SEJARAH BOLA] 7 Juni 1970: Sundulan Pele Vs Penyelamatan Ikonik Gordon Banks

Di momen ini, Inggris tetap gagal menahan laju serangan bertubi-tubi Brasil. Jairzinho mencetak gol tunggal kemenangan Tim Samba pada menit ke-59.

Sepakbola.com – Hari ini, 7 Juni, 39 tahun lalu kiper Inggris, Gordon Banks, membuat penyelamatan paling legendaris dalam sejarah sepakbola. Ia mengagalkan peluang superstar Brasil, Pelé pada Piala Dunia 1970.

Inggris yang merupakan juara bertahan menghadapi Brasil dalam pertandingan kedua fase grup. Dalam kondisi skor tanpa gol pada sepuluh menit pertama, Brasil menusuk pertahanan Inggris dari sayap kanan. Winger Jairzinho berhasil mengarahkan bola hingga ke batas garis gawang di sisi kanan gawang sebelum mengirim umpan silang ke tiang jauh.

Pele melompat dan memenangi duel udara melawan defender Tim Tiga Singa. Bola sundulan Pele melaju cukup kencang mengarah ke sudut gawang. Bola memantul tanah di muka gawang dan tampaknya akan terjadi gol. Namun dengan cekatan Banks melompat menerkam untuk membuat penyelamatan yang nyaris tak masuk akal. Bola keluar lapangan dan menghasilkan tendangan sudut.

Aksi mustahil Banks

Bicara mengenai penyelamatan ikonik tersebut, Banks mengaku tak menduga Pele bisa menyambut umpan Jairzinho. “Saya yakin bola terlalu tinggi untuk dijangkau siapapun, tapi kemudian saya lihat Pele. Ia bisa melimpat lebih tinggi untuk menyambut bola dengan dahinya.”

Bola sundulan Pele terbilang menyulitkan. Pasalnya bola yang memantul tanah seringkali sulit untuk di antisipasi arahnya. Pelé berkata, “Dia (Banks) datang tiba-tiba. Sundulan saya sempurna mengarah ke satu sudut sementara Banks berada di sudut lain.”

“Saya sudah bersiap berteriak gol, saat Banks, [bergerak] seperti salmon melompati air terjun. Melompat ke udara dan berhasil menepis bola melambung ke atas mistar. Sebuah aksi yang mustahil.”

Penyelamatan paling terkenal

Sayangnya, Inggris akhirnya gagal menahan laju serangan bertubi-tubi dari Brasil. Jairzinho akhirnya mencetak gol tunggal kemenangan pada menit ke-59. Meski begitu penyelamatan ikonik Gordon Banks menjadi aksi paling dikenang dari laga tersebut.

Brasil kemudian lolos ke babak perempat final setelah memastikan diri sebagai juara Grup 3 dengan menyapu bersih tiga laga. Sementara Inggris tetap mendampingi sebagai runner-up grup dengan memenangi dua laga melawan Rumania dan Cekoslovakia.

Langkah Inggris kemudian dihentikan Jerman Barat di fase perempat final dengan skor 3-2 dalam laga yang berlangsung hingga perpanjangan waktu. Sementara Brasil melaju hingga final dan menjadi juara setelah mengalahkan Italia di final. Dan Pele menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-1 di partai puncak.

Komentari Artikel Ini