Sebelum PSG, Lyon Lebih Dulu Dominasi Ligue 1

Pada masanya, Lyon mampu menjadi jawara Ligue 1 Prancis selama tujuh musim secara beruntun.

Sepakbola.com, Yogyakarta – Ligue 1 Prancis adalah salah satu kompetisi paling bergengsi di Eropa. Bahkan bisa dikatakan dalam beberapa musim terakhir kompetisi tersebut bersaing cukup ketat dengan Serie A dalam hal koefisen di UEFA.

Generasi terkini tentu saja mengenal Ligue 1 sebagai ajang dominasi PSG. Bagaimana tidak, dalam tujuh musim terakhir tim asal Ibu Kota Prancis itu menjadi jawara sebanyak enam kali. Hanya di musim 2016-17 saja AS Monaco bisa mengganggu dominasi PSG.

Namun jangan salah sangka, PSG bukan tim Prancis pertama yang bisa melakukan itu. Sebelumnya ada Olympique Lyon yang lebih dulu begitu dominan di Negeri Napoleon Bonaparte.

Lyon yang kala itu didukung dana yang cukup bagus, bisa mendatangkan para pemain jempolan. Sebut saja Juninho Pernambucano, Cris, Lisandro Lopez, Sidney Govou, Eric Abidal dan banyak lagi. Selain itu para pemain dari akademi seperti Karim Benzema juga bisa tampil luar biasa.

Dengan profil seperti itu, Lyon mampu menjadi jawara Ligue 1 Prancis selama tujuh musim secara beruntun. Tren itu dimulai sejak musim 2001-02, dan baru berakhir pada musim 2007-08 yang lalu. Hingga saat ini belum ada klub Prancis lain yang bisa mengikuti jejak dari Les Gones tersebut.

Namun, untuk urusan rekor jumlah gelar juara di Ligue, 1 baik PSG ataupun Lyon masih kalah dari Olympique Marseille dan Saint-Etienne. OM sejauh ini sudah sembilan kali menjadi raja Ligue 1, sementara Etienne dengan 10 gelarnya memegang rekor sebagai peraih gelar juara terbanyak di sepanjang sejarah Ligue 1.

Penulis: Ahmad Hasibuan/Editor: Setyo Bagus

Komentari Artikel Ini