Alisson: Karius Bukan Kambing Hitam Liverpool Di Final Liga Champions 2018

Sepakbola.com, Liverpool – Alisson Becker meyakini Loris Karius tak secara sengaja melakukan kesalahan, yang berakibat pada kekalahan Liverpool di Final Liga Champions tahun lalu.

Pasukan Jurgen Klopp akan menghadapi Tottenham di Wanda Metropolitano, Minggu (2/6/2019) jam 02.00 dini hari WIB. Ini adalah Final Liga Champions kedua beruntun bagi The Reds, setelah tahun lalu kalah 3-1 oleh Real Madrid di Kiev.

Ketika itu Karius melakukan dua kesalahan fatal. Pertama saat melempar bola ke arah Karim Benzema yang mencetak gol pembuka Real Madrid. Kedua saat mengantisipasi tembakan jarak jauh Gareth Bale, bola sebenarnya mengarah tepat padanya namun Karius meninju bola terlalu lemah sehingga masuk ke gawang sendiri.

Tapi Alisson menegaskan kekalahan itu tidak bisa semata-mata disebabkan blunder kiper asal Jerman itu. Dia bersikeras Raksasa Merseyside menang dan kalah sebagai tim.

“Kurasa Anda tidak bisa meletakkan kesalahan itu di bahu satu orang saja. Tim ini memiliki 11 orang,” ujar Alisson.

“Ketika kami menang, semua orang menang. Dan ketika kami kalah, semua orang kalah. Bukan Karius yang kalah dalam pertandingan itu, Liverpool yang melakukannya. Tahun ini kami memiliki peluang baru.”

Tidak tertekan

Alisson bergabung dengan Liverpool musim panas lalu sebagai pengganti Karius. Ia datang dengan biaya 67 juta pounds dari AS Roma dan membuat Karius terbuang ke Besiktas. Kiper asal Brasil itu mengatakan tidak merasakan tekanan tambahan mengingat peristiwa tahun lalu.

“Kami tahu perasaan melakukan kesalahan dalam kompetisi sebesar Liga Champions; itu adalah sesuatu yang bisa melekat pada Anda selama sisa karier Anda,” lanjut Alisson.

“Tapi dalam hidup kita selalu memiliki kesempatan untuk membuatnya lebih baik. Saya mencoba untuk tetap sadar akan segalanya.

“Ketika saya melakukan sesuatu dengan baik, saya tidak membiarkannya sampai ke kepala saya. Dan ketika saya melakukan kesalahan, saya juga tidak membiarkannya menghantuiku,” tukas kiper timnas Brasil tersebut. (Sumber: ESPN FC)

 

Penulis: Maulana Habibi
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini