Kembalinya Brescia Ke Kasta Tertinggi Sepakbola Italia

Brescia terdegradasi dari kompetisi Serie A pada 2010-2011 setelah mengakhiri musim di peringkat 19.

Sepakbola.com, Brescia – Brescia berhasil menjadi jawara Serie B musim 2018-19. Pencapaian yang otomatis membuat tim yang memiliki julukan Le Rondinelle itu menyegel satu tiket untuk promosi ke Serie A musim depan.

Brescia harus menunggu waktu yang lama untuk bisa kembali ke kasta tertinggi. Tim yang identik dengan logo singa itu terakhir kali merasakan bermain di Serie A pada musim 2010-11 yang lalu. Kala itu Brescia langsung terdegradasi meski pada musim 2009-10 baru saja promosi ke Serie A.

Di Serie B musim ini, Brescia berhasil memimpin klasemen akhir dengan raihan 67 poin. Tim yang kini dilatih oleh Eugenio Corini itu sukses meraih 18 kemenangan, 13 hasil imbang dan hanya lima kali menderita kekalahan.

Jejang bintang sepakbola di Brescia

Jika kita menyebut nama Brescia ingatan kita tentu akan langsung tertuju pada sosok Roberto Baggio, Andrea Pirlo, dan Pep Guardiola. Ketiga sosok yang sudah lama pensiun sebagai pemain profesional itu memang sempat merasakan karier di Brescia.

Brescia dan Baggio sama-sama memiliki kesan yang manis satu sama lain. Baggio menjadikan Brescia sebagai klub terakhirnya. Peraih satu gelar Ballon d’Or itu memperkuat Le Rondinelle dari tahun 2000 hingga tahun 2004. Laga perpisahan Baggio di Brescia pun sangat emosional.

Berbeda dengan Baggio, Pep Guardiola tak memberikan kesan yang luar biasa selama berkarier di Brescia. Kala itu Pep yang sudah memasuki usia senja dalam karier pemain profesionalnya memang seperti sudah tak memiliki gairah dan sentuhan yang sama seperti yang ia lakukan di Barcelona. Pep Guardiola sempat mengalami fase bolak balik dari Brescia dan AS Roma mulai tahun 2001 hingga tahun 2003.

Satu lagi nama besar yang pernah merasakan berseragam Brescia adalah Andrea Pirlo. Gelandang elegan yang kala itu masih memperkuat Inter Milan harus rela dipinjamkan ke Brescia dari Januari hingga Juli tahun 2001. Singkat memang, tapi di klub itulah Pirlo mulai benar-benar menujukan bahwa ia punya potensi besar.

Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini