Abidal Anggap Cedera Ronaldo Jadi Alasan Portugal Juara EURO 2016, Kok Bisa?

Cristiano Ronaldo

Sepakbola.com, Madrid – Cristiano Ronaldo memenuhi impian seumur hidupnya ketika bersama Portugal memenangkan Euro 2016 pada Juli tahun lalu. Mantan bintang Barcelona, Eric Abidal memantik api dengan mengatakan bahwa cedera Ronaldo di final adalah alasan utama keberhasilan Tim Samba Eropa meraih kemenangan atas Prancis.

“Prancis memiliki turnamen yang baik, mereka tidak beruntung karena jika Gignac mencetak gol, maka itu akan selesai. Trofi akan jadi milik Prancis. Ronaldo cedera dan itu adalah masalah bagi Prancis dan keuntungan bagi Portugal. Portugal jadi lebih santai tanpa Ronaldo. Pemain biasanya bermain untuk Ronaldo tapi tanpa dia semangat tim berbeda, dan tidak ada tekanan,” ujar mantan pemain Barcelona itu.

Cristiano Ronaldo berjalan keluar lapangan dengan menangis pada menit ke-24 babak final Euro 2016 setelah mengalami cedera akibat dilanggar oleh Dimitri Payet. Namun meski tak diperkuat Ronaldo, Portugal mampu mempertahankan permainan stabil mereka dan mencetak gol di babak tambahan.

Meski Cristiano Ronaldo mungkin tidak memainkan peran utama di final, ia masih memainkan peran besar dalam perjalanan Portugal ke final di mana ia mencetak beberapa gol penting termasuk gol ke gawang Wales di semifinal.

Di saat Ronaldo mengalami cedera di final, Portugal berjuang dan akhirnya memenangkan trofi berkat gol menakjubkan Eder. Komentar Abidal tersebut tentu tidak akan diterima dengan senang oleh Cristiano Ronaldo dan rekan satu timnya di Portugal, karena rekan satu timnya telah berulang kali berbicara tentang pentingnya Ronaldo dalam perjalanan tim nasional di Euro 2016.

Setelah Ronaldo cedera, ia masih memberikan inspirasi untuk rekan satu timnya di pinggir lapangan. Setelah Eder mencetak gol, ia pun berlari ke tepi lapangan untuk merayakan gol bersama Ronaldo, pelatih dan rekan satu timnya, yang menjadi bukti bahwa kapten Portugal itu bukanlah beban bagi timnya, namun pemimpin dan inspirasi tim.

Setelah kemenangan Portugal di Euro 2016 tersebut, Ronaldo terus bersinar dengan meraih berbagai gelar dan penghargaan seperti Piala Dunia Antarklub, Pemain Terbaik Eropa versi UEFA, Ballon d’Or, dan Pemain Terbaik Dunia versi FIFA. (Sumber: Sportskeeda)

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini