Deretan Bintang Serie A Yang Pernah Berkostum Atalanta

Musim 2018-2019 spesial untuk Atalanta yang lolos ke Liga Champions dan menjadi finalis Coppa Italia.

Sepakbola.com, Bergamo – Atalanta memastikan diri lolos ke Liga Champions musim depan untuk pertama kalinya dalam sejarah 111 tahun berdirinya klub. Tak berlebihan kiranya jika kemudian seluruh pemain yang terlibat saat ini masuk dalam buku sejarah dan patut dijuluki pahlawan.

Kemenangan tegas 3-1 atas Sassuolo pada giornata terakhir membuat tim besutan Gian Piero Gasperini finis di posisi ketiga klasemen Serie A. Mereka mengumpulkan 69 poin, sama dengan Inter Milan di posisi keempat namun Atalanta ungguk head to head.

Duvan Zapata menjadi sosok striker ganas yang dimiliki Atalanta musim ini. Striker yang didatangkan dari Udinese ini menorehkan 23 gol dan menjadi runner-up top skorer di bawah Fabio Quagliarella dari Sampdoria.

Tapi tahukah Anda, ternyata beberapa pemain hebat Serie A pernah berkostum La Dea, baik yang sudah pensiun atau yang masih bermain hingga kini. Berikut kami sajikan daftarnya untuk Anda.

1. Filippo Inzaghi

Bintang Serie A Berkostum Atalanta

Pencetak gol ulung, Filippo Inzaghi menorehkan prestasi luar biasa sebagai legenda AC Milan. Pipo menghabiskan 11 tahun di San Siro, memenangkan dua titel Serie A, Coppa Italia dan dua Liga Champions.

Namun ternyata tidak banyak yang tahu bahwa Inzaghi pernah menghabiskan satu tahun kariernya di Bergamo bersama Atalanta. Kala itu tahun 1996-97, dia didatangkan dari Parma dan setelah setahun dia bergabung uke Juventus dengan keuntungan bagi La Dea yang mendapat 23 juta Euro dari penjualan itu.

Dia mengakhiri musim bersama Atalanta sebagai top skorer Serie A, dengan koleksi 24 gol dalam 33 penampilan.

2. Christian Vieri

Bintang Serie A Berkostum Atalanta

Nama besar lainnya di sepakbola Italia juga pernah menghabiskan waktunya bersama Atalanta. Mantan striker Inter milan Christian Vieri pernah dua kali membela La Dea dalam waktu yang berbeda, keduanya hanya berdurasi satu tahun.

Yang pertama di musim 1995-96, Vieri menorehkan sembilan gol dalam 21 penampilan. Penampilannya itu cukup membuat Juventus kepincut dan membawanya ke Turin setelah itu.

Satu dekade kemudian, dengan kariernya yang tengah menurun, Vieri kembali ke Atalanta. Sayangnya dia tetap tidak bisa mengembalikan performanya pada musim 2006-07 dan hanya mampu membukukan dua gol dalam tujuh laga.

Sebelum pada akhirnya kontraknya diputus oleh manajemen klub pada 200-/09, dan Vieri resmi mengumumkan pensiun dari jagat sepakbola.

3. Riccardo Montolivo

Bintang Serie A Berkostum Atalanta

Pemilik 66 caps bersama tim nasional Italia, Montolivo merupakan produk asli akademi Atalanta. Dia bergabung dengan klub pada 1992, tapi butuh waktu 11 tahun untuknya melakoni debut di Serie B. Dia memainkan 82 pertandingan sebelum pindah ke Fiorentina pada 2005, dan menghabiskan tujuh tahun di Artemio Franchi.

Gelandang 34 tahun itu kemudian pindah ke AC Milan di tahun 2012 hingga kini. Dia mempersembahkan gelar Supercoppa Italiana pada 2016, namun usia dan faktor cedera terus mengganggu kariernya di San Siro.

4. Simone Zaza

Bintang Serie A Berkostum Atalanta

Sebelum namanya mulai dikenal publik sepakbola ketika penalti nyelehnya melawan Jerman di Euro 2016, Simone Zaza muda merupakan jebolan akademi Atalanta.

Dia bergabung dari Valdera saat usianya masih 15 tahun, namun Zaza hanya membuat tiga penampilan saja bersama skuat senior La Dea. Pemain yang kini dipinjam Torino dari Valencia, hanya menjadi pemain cadangan di tahun 2008-09, dan memainkan total 64 menit saja bersama Atalanta.

5. Manolo Gabbiadini

Bintang Serie A Berkostum Atalanta

Kembali produk jebolan akademi Atalanta lainnya. Manolo Gabbiadini yang lahir di Bergamo memulai karier sepakbolanya dengan bergabung bersama La Dea pada usia 12 tahun.

Gabbiadini memainkan debut di liga pada Maret 2010 ketika usianya masih 18 tahun. Tapi kemudian dia dipinjamkan ke Cittadella di musim berikutnya.

Pada tahun 2011 Gabbidini memutuskan kembali ke Atalanta, menjadi bagian dari tim utama. Memainkan 25 pertandingan tapi hanya membuat satu gol sebelum dijual ke Juventus pada 2012. Kini ia bermain untuk Sampdoria.

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini