Final Liga Europa Akan Menjadi Karya Terakhir Petr Cech

Sepakbola.com, London – Sepak bola pernah hampir merenggut nyawanya, tapi Petr Cech berjuang keras dan kembali mengangkat namanya. Karier profesionalnya dimulai dari Liga Utama Ceko 20 tahun yang lalu, dan akan berakhir bersama Arsenal di final Liga Europa melawan mantan klubnya, Chelsea.

Pada Oktober 2006 dia bertabrakan dengan gelandang Reading saat itu, Stephen Hunt, membuat Cech menderita retak tulang tengkorak. Itu cedera yang mengancam nyawanya dan menjauhkan dia dari sepak bola untuk waktu yang cukup lama. Cech sanggup kembali, menjadi kiper Chelsea, mengenakan pelindung kepala, sebuah tanda dia memang seorang pekerja keras dan tak pernah menyerah.

Cech dikenal sebagai serial winner, sesuatu di dalam dirinya yang membantunya berkembang menjadi penjaga gawang seperti sekarang. Jose Mourinho membawa pemain asal Ceko ini pada musim 2004-2005 dan dia hanya butuh beberapa bulan untuk mengambil tempat pertama menggeser Carlo Cudicini.

Pemain dengan pelindung kepala ini berkembang di bawah mistar gawang The Blues, membangun kariernya yang fenomenal di London, dia memenangkan empat gelar liga, FA Cup dan Liga Champions serta Liga Europa.

Kariernya sekarang tampak akan berakhir di final liga Europa, saat timnya berhadapan dengan klub yang membesarkan namanya, Chelsea. Klub yang menyimpan banyak sejarah heroik Cech selama kariernya.

Petr Cech merupakan orang yang tenang dan sikapnya sangat baik. Dia yakin akan tetapi bermain sepak bola bahkan setelah dia gantung sepatu. Untuk melengkapi kariernya yang cemerlang, trofi Liga Europa bersama Arsenal akan memberikan sesuatu yang spesial untuknya. (Sumber: goal.com)

 

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini