Kandidat Ballon d’Or 2016: Real Madrid Kirim Enam Wakil, Barcelona Sumbang Empat Nama

Lionel Meesi dan Cristiano Ronaldo masuk dalam 30 pemain yang telah resmi diumumkan sebagai kandidat perain Ballon d'Or .

Nominasi peraih Ballon d'Or

Sepakbola.com, Zurich – Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi akan kembali bersaing dalam memperebutkan penghargaan sebagai pemain terbaik dunia, setelah mereka masuk ke dalam daftar 30 pemain yang telah diumumkan.

Bintang Barcelona, pernah memenangi penghargaan ini sebanyak lima kali, sedangkan Cristiano Ronaldo baru mendapat tiga kali saja.

Meski dalam performa yang menurun, Ronaldo telah membantu negaranya Portugal memenangkan Euro 2016 untuk pertama kalinya, dan memenangkan titel Champions League bersama Real Madrid musim lalu. Dia menjadi favorit utama untuk memenangkan Ballon d’Or.

Ronaldo adalah salah satu dari enam pemain Real Madrid yang masuk ke dalam nominasi seperti Gareth Bale, Toni Kroos, Luka Modric, Sergio Ramos, dan Pepe. Menjadikan Real Madrid sebagai penyumbang nama terbanyak dalam penghargaan ini.

Messi dan dua partnernya di Barcelona, Neymar dan Luis suarez, mencetak gol kombinasi terbanyak pada tahun 2016. Di kubu Blaugrana juga ada nama Andres Iniesta yang masuk kedalam nominasi.

Terjadi kejutan setelah peraih titel Liga Inggris musim lalu Leicester City, juga menyumbangkan dua pemainnya ke dalam nominasi tersebut. Keduanya adalah Jamie Vardy dan Riyad Mahrez.

Hanya Mahrez (Aljazair) dan penyerang Gabon Pierre-Emerick Aubameyang yang berasal dari luar Eropa dan Amerika Latin dalam nominasi Ballon d’Or ini.

Pemain asal Prancis juga masuk nominasi, diantaranya Antoine Griezmann, Hufo Lloris, Payet, dan Paul Pogba. Argentina juga mengirimkan empat wakilnya yakni Messi, Higuain, Aguero, dan Dybala.

Pengumuman pemenang gelar Ballon d’Or ini akan dilaksanakan pada bulan Januari 2017. (sportsfan.com)

Penulis: Maulana Habibi

Komentari Artikel Ini