Prancis vs Kroasia: Komparasi Statistik Dan Head To Head

Secara umum Prancis punya pertahanan yang lebih kokoh namun Kroasia punya keunggulan dalam serangan.

Head to head Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018.

Sepakbola.com, Moskow – Prancis dan Kroasia akan bertanding memperebutkan gelar juara Piala Dunia 2018, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Les Bleus, julukan Prancis, lebih diunggulkan setelah menang melawan tim favorit macam Argentina dan Belgia di fase gugur. Namun jangan meremehkan Kroasia meski mereka harus bersusah payah selalu bermain 120 menit di tiga pertandingan fase gugur dan dua di antaranya harus diakhiri adu penalti.

Prancis menjadi negara keenam yang mampu lolos ke Final Piala Dunia sebanyak tiga kali atau lebih. Negara lain yang menyamai atau lebih baik dari Prancis adalah Jerman (delapan kali), Brasil dan Italia (enam), Argentina (lima) dan Belanda (tiga).

Sementara itu, Kroasia akan menjadi negara ke-13 yang mampu menembus partai puncak Piala Dunia 2018. Dan ada fakta menarik bahwa dua negara terakhir yang menembus final untuk pertama kalinya bisa menjadi juara. Kedua negara tersebut adalah Prancis pada 1998 dan Spanyol pada 2010.

FAKTA STATISTIK PRANCIS VS KROASIA

Sejarah pertemuan kedua tim memihak Prancis yang tak ernah kalah dalam lima pertandingan mereka kontra Kroasia. Prancis menang tiga kali dan dua laga lainnya berakhir imbang. Namun menariknya dua laga imbang terjadi dalam dua pertandingan teranyar kedua tim. (BACA: Sejarah Duel Prancis Vs Kroasia: Modric Dkk Berburu Kemenangan Perdana)

Head to head Prancis vs Kroasia

8 Juli 1998 PRANCIS MENANG 2-1 (Piala Dunia 1998)

13 November 1999 PRANCIS MENANG 3-0 (International Friendly)

28 Mei 2000 PRANCIS MENANG 2-0 (International Friendly)

17 Juni 2004 DRAW 2-2 (Piala Eropa 2004)

29 Maret 2011 DRAW 0-0 (International Friendly)

Komparasi Statistik Head to head Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018
Komparasi Statistik Head to head Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018.

Namun jika melihat statistik performa kedua tim, penampilan Kroasia sedikit lebih baik dari Prancis. Meskipun harus melewati tiga fase gugur hingga extra-time dan dua di antaranya harus beradu penalti, permainan Kroasia dianggap atraktif.

Kroasia mengunguli Prancis hampir di seluruh area kecuali akurasi umpan, tekel per laga dan jumlah kebobolan. Rata-rata penguasaan bola Luka Modric dkk lebih baik, begitu juga dengan dribel, jumlah tembakan hingga jumlah gol.

Namun dalam hal pertahanan Prancis lebih kokoh. Selain jumlah kebobolan lebih sedikit Prancis juga mampu menjaga gawangnya tak kebobolan alias cleansheet dalam empat pertandingan. Sementara Kroasia hanya mencatat dua cleansheet.

Secara umum, penampilan Kroasia cukup mirip dengan Belgia. Kroasia punya kreativitas di tengah, sayap agresif dan penyerang tengah yang kokoh. Dan Prancis diperkirakan akan melakukan pendekatan permainan yang sama seperti lawan Belgia di semifinal.

Komentari Artikel Ini