Prancis Dan Kroasia Sama-Sama Punya Kenangan Manis Di Piala Dunia 1998

Finalis Piala Dunia 2018, Prancis dan Kroasia, pernah berduel di semifinal Piala Dunia 2018 yang berakhir dramatis.

Sepakbola.com, Moskow – Final Piala Dunia 2018 akan berlangsung pada Minggu (15/7/2018) malam WIB nanti. Laga final itu akan mempertemukan Prancis kontra Kroasia. Menariknya dua tim itu sama-sama mengusung memori indah yang mereka alami di Piala Dunia 1998 lalu.

Pada Piala Dunia 1998, Prancis ditunjuk untuk menjadi tuan rumah. Tampil di hadapan publik sendiri Zinedine Zidane, Lilian Thuram, Fabien Barthez, dan kolega sukses mengakhiri turnamen dengan menjadi juara.

Di laga final, Prancis sukses mengalahkan salah satu favorit turnamen, Brasil dengan skor telak 3-0. Keberhasilan itu merupakan satu-satunya keberhasilan Les Bleus menjadi juara di ajang Piala Dunia.

Prestasi terbaik Kroasia

Sementara itu Piala Dunia 1998 meruapakan Piala Dunia yang menjadi ajang debut bagi Kroasia yang baru beberapa tahun menjadi negara yang merdeka setelah bubarnya Yugoslavia. Namun, menjadi tim debutan tak membuat Vetreni minder dan tak punya nyali.

Davor Suker jadi bintang utama Kroasia di Piala Dunia 1998

Kroasia yang kala itu masih diperkuat beberapa pemain legendaris mulai dari Davor Suker, Zvonimir Boban, hingga Robert Prosinecki mampu mengakhiri turnamen dengan menjadi juara ketiga. Sesuatu yang akhirnya bisa dilewati oleh Kroasia di Piala Dunia 2018 ini.

Lillian Thuram menctak dua gol yang mengubur impian Kroasia untuk melaju ke final Piala Dunia 1998

Kala itu kegagalan Kroasia melaju ke final Piala Dunia 1998 disebabkan oleh Prancis. Les Bleus sukses mengalahkan Kroasia di babak semi final dengan skor tipis 2-1. Menarik untuk melihat bagaimana akhir dari laga final Piala Dunia 2018 nanti. Apakah Prancis yang bisa mengulang memori manis 20 tahun silam atau justru Kroasia yang mampu melakukan hal tersebut. Kita saksikan saja duel keduanya di Luzhniki Stadium pada akhir pekan nanti.

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini