PREDIKSI Uruguay vs Ekuador: Laga Tak Mudah Bagi Cavani Cs

Sepakbola.com, Montevideo – Uruguay bisa dibilang sebagai salah satu tim yang paling konsisten dan tak terduga di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Setelah menjalani 10 pertandingan, pasukan Oscar Tabarez kini bercokol di urutan kedua klasemen CONMEBOL dengan hanya tertinggal satu poin dari pemimpin sementara Brasil. La Celeste saat ini berhasil meraih enam kemenangan dan dua kali seri, sementara dua kekalahan yang mereka terima terjadi di kandang lawan saat menghadapi Argentina dan dari lawan mereka pada Jumat (11/11) mendatang, Ekuador.

Cukup pantas jika dikatakan bahwa Uruguay memiliki catatan luar biasa saat berlaga di kandang sendiri dan Diego Godin Cs telah meraih kemenangan di lima pertandingan yang mereka hadapi sejauh ini, lengkap dengan catatan belum kebobolan satu gol pun dari semua laga tersebut.

Sementara Ekuador sempat membuat awalan yang sangat baik dalam babak kualifikasi Piala Dunia saat ini. Tapi mereka harus mendapat pukulan berat akibat menerima tiga kekalahan beruntun.

Lima pertandingan tak terkalahkan mereka harus berakhir dengan kekalahan saat menghadapi Kolombia, yang diikuti oleh kekalahan dari Brasil dan Peru. Namun, mereka langsung bangkit dengan kemenangan 3-0 ketika melawan Chile dan bermain imbang 2-2 saat melawan Bolivia di dua laga terakhir mereka.

La Tricolor masih dalam posisi aman di dalam zona kualifikasi dengan duduk di peringkat ketiga dan hanya tertinggal tiga poin dari Uruguay di posisi runner up. Ekuador sendiri memiliki catatan rekor tandang yang mengecewakan di kualifikasi Piala Dunia kali ini.

Tetapi apa yang anak-anak asuhan Gustavo Quinteros lakukan di kompetisi ini cukup baik setelah berhasil meraih dua kali kemenangan, satu imbang dan dua kekalahan dari lima pertandingan terakhir mereka sejauh ini.

PEMAIN KUNCI

Edinson Cavani

Edinson Cavani Uruguay
Edinson Cavani (foto: The Daily Mirror)

Penyerang yang menjadi bintang lapangan bagi Paris Saint-Germain ini memang tak usah diragukan lagi dalam membobol gawang tim lawan. Cavani memang menjadi salah satu bomber berbahaya, tidak hanya di kompetisi Ligue 1 tapi juga di kawasan Amerika Selatan bersama Uruguay. Sejauh ini Cavani telah menjadi pencetak gol terbanyak di kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol dengan raihan tujuh gol. Sudah pasti penyerang 29 tahun ini akan menjadi ancaman serius bagi barisan pertahanan Ekuador.

Enner Valencia

Enner Valencia Ekuador
Enner Valencia (foto: Sky Sports)

Valencia memang belum mencetak gol bagi Everton musim ini. Namun begitu, ketajaman pemain berusia 27 tahun ini tak bisa dipandang sebelah mata. Valencia turut membawa Ecuador sejauh ini tampil di luar dugaan dengan bercokol di peringkat ketiga klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Penyerang 27 tahun itu kini telah mengoleksi tiga gol bersama Ekuador.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Uruguay: F. Muslera D. Godín M. Corujo S. Coates G. Silva C. Rodríguez E. Arévalo C. Sánchez M. Vecino L. Suárez E. Cavani

Ecuador: E. Dreer J. Paredes L. Caicedo C. Ramírez A. Mina A. Valencia C. Noboa R. Ibarra F. Martínez J. Orejuela E. Valencia

PREDIKSI SKOR

Ekuador mampu meraih kemenangan dengan skor 2-1 saat bermain di markas mereka ketika kedua tim bertemu untuk bentrokan pertama pada November 2015 lalu.

Pada saat yang sama, Uruguay belum menelan kekalahan dari Ekuador di kandang mereka sendiri di semua kompetisi sejak tahun 1939. Mereka berhasil meraih enam kemenangan dan tiga kali seri di sembilan pertandingan terakhir mereka di kandang sendiri. Tapi Ekuador mampu menahan imbang Uruguay di dua kunjungan terakhir ke markasa La Celeste.

Uruguay menjadi tim yang kerap tampil luar biasa saat bermain di depan pendukung mereka sendiri. La Celeste telah meraih tujuh kemenangan beruntun di babak kualifikasi saat bermain di kandang dan tak terkalahkan di 13 pertandingan.

Ekuador cenderung sulit mengeluarkan kemampuan terbaik di kandang lawan dan mereka telah menunjukkan tanda-tanda penurunan setelah awal yang baik untuk kualifikasi Piala Dunia kali ini. Jadi Uruguay terlihat lebih berpotensi untuk mengalahkan Ekuador di Montevideo, yang sekaligus membuat mereka memberikan tekanan pada Brasil di puncak klasemen.

Penulis: Vincent Asido

Komentari Artikel Ini