Tradisi Juventus: Beli Superstar Murah Tapi Berkualitas

Salah satu kelebihan Juventus dari klub-klub elite lain adalah kejelian melihat peluang dan melakukan pendekatan terhadap pemain-pemain top yang memasuki fase terakhir kontrak.

Sepakbola.com, Turin – Sebagai tim yang memiliki kesuksesan di Serie A, Juventus tak akan sulit untuk merekrut pemain bintang sepakbola. Dan mereka sudah melakukan tradisi beli pemain murah tapi berkualitas dalam beberapa tahun terakhir.

Hasilnya pun sangat kerasa, dengan torehan delapan trofi beruntun Serie A. Meski sayangnya kejuaraan Eropa atau Liga Champions masih belum mereka menangkan, padahal sudah dua kali masuk final namun dikalahkan oleh Barcelona pada 2015 dan Real Madrid pada 2017.

Kami akan membagi dua kategori pemain yang didatangkan Juventus secara gratis baik yang masih di klub atau sudah dijual. Dan satunya pemain murah yang masih bermain untuk tim hingga saat ini. Untuk kategori pemain gratis, ada enam pemain yang masuk dalam daftar ini.

Deretan transfer gratis Juventus

Paul Pogba

Dia didatangkan secara gratis dari Manchester United pada 2012 silam. Kepergian Pogba dari Old Trafford dikarenakan ia tak mendapat tempat di skuat Sir Alex Ferguson kala itu.

Empat tahun bermain di bawah Antonio Conte, Pogba menyumbangkan empat Scudetto. Dan ia kemudian dijual lagi ke Manchester United dengan memecahkan rekor transfer senilai 89 juta pounds. Sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dari Juve.

Emre Can

Kontraknya habis bersama Liverpool pada musim panas 2018. Emre Can memilih untuk bergabung dengan raksasa Italia, Juventus. Pilihannya tidak salah, dia langsung memberikan satu trofi Scudetto musim ini dengan memainkan 28 laga di Serie A dan menyumbangkan empat gol untuk Nyonya Tua. Gelandang Jerman masih akan tetap berada di Turin untuk empat musim ke depan berdasarkan kontraknya.

Kingsley Coman

Wonderkid Prancis ini didatangkan dari PSG pada 2014 secara gratis. Dia berhasil memainkan 20 pertandingan di musim pertamanya, tapi kemudian dipinjamkan selama dua tahun di Bayern Munchen sebelum akhirnya kini ia resmi menjadi pemain permanen Die Roten.

Andrea Pirlo

Usai mengantarkan AC Milan meraih Scudetto pada 2010-11, kontraknya tidak diperpanjang dan Juve mengambil peluang itu untuk menggaetnya. Dia berhasil memberikan empat Scudetto untuk Bianconeri dan kini telah bergabung dengan klub MLS New York City sejak musim panas 2017 silam.

Sami Khedira

Musimnya hancur bersama Real Madrid karena cedera, Khedira pindah ke Juventus pada 2015 dengan status bebas transfer. Performanya membaik usai memilih pindah ke Serie A dan ia sukses menjadi pemain andalan Bianconeri sejak pindah. Namun di musim ini dia banyak menghabiskan waktunya di ruang perawatan dengan cedera lututnya.

Dani Alves

Pada musim panas 2016, bek asal Brasil ini mengakhiri 14 tahun kariernya di Spanyol untuk bergabung dengan Juve secara gratis. Hanya bertahan semusim, ia pergi ke PSG dan kini kontraknya sudah habis di Paris.

Pemain murah yang masih di Juventus

Giorgio Chiellini

Sudah 14 tahun lamanya Chiellini membela panji Bianconeri, sejak pindah dari Fiorentina pada 2005 silam dengan biaya sekitar 5,8 juta pounds. Dia adalah kapten tim saat ini setelah kepergian Gianluigi Buffon, dan kesetiannya tak bisa diremehkan untuk Nyonya Tua.

Andrea Barzagli

Juve membayar Barzagli dari klub asal Jerman Wolfsburg dengan biaya sangat murah hanya 225 ribu pounds pada 2011 silam. Dia menjadi bagian sejarah Juve yang memenangkan trofi Serie A delapan kali beruntun, namun kini pria 38 tahun telah memutuskan pensiun seiring berakhirnya kompetisi musim ini.

Daniele Rugani

Bek berusia 23 merupakan masa depan bagi Juventus, terlebih Barzagli telah mengumumkan pensiun. Dia datang dari Empoli pada Januari 2015 dengan biaya sekitar 3 juta pounds saja.

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini